Seperti ungkapan ‘kecantikan ada di mata yang melihatnya’, desain web yang efektif dinilai oleh pengguna situs web dan bukan pemilik situs web. Ada banyak faktor yang memengaruhi kegunaan situs web, dan ini bukan hanya tentang bentuk (seberapa bagus tampilannya), tetapi juga fungsinya (betapa mudahnya menggunakannya).

Prinsip desain web yang efektif Pekerjaan Situs web yang tidak dirancang dengan baik cenderung berkinerja buruk dan memiliki metrik Google Analytics yang kurang optimal (mis., Rasio pentalan tinggi, waktu rendah di situs, halaman rendah per kunjungan, dan konversi rendah). Jadi apa yang membuat desain web bagus? Di bawah ini kami mengeksplorasi 10 prinsip desain web teratas yang akan membuat situs web Anda secara estetika menyenangkan, mudah digunakan, menarik, dan efektif.

1. Tujuan

Desain web yang bagus selalu memenuhi kebutuhan pengguna. Apakah pengunjung web Anda mencari informasi, hiburan, beberapa jenis interaksi, atau untuk bertransaksi dengan bisnis Anda? Setiap halaman situs web Anda harus memiliki tujuan yang jelas, dan untuk memenuhi kebutuhan spesifik bagi pengguna situs web Anda dengan cara seefektif mungkin.

2. Komunikasi

Orang-orang di web cenderung menginginkan informasi dengan cepat, jadi penting untuk berkomunikasi dengan jelas, dan membuat informasi Anda mudah dibaca dan dicerna. Beberapa taktik yang efektif untuk dimasukkan dalam desain web Anda meliputi: mengorganisir informasi menggunakan tajuk berita dan sub tajuk, menggunakan poin-poin sebagai pengganti kalimat panjang yang berangin, dan memotong wafel.

3. Typefaces

Secara umum, font Sans Serif seperti Arial dan Verdana lebih mudah dibaca online (font Sans Serif adalah font yang terlihat kontemporer tanpa selesai dekoratif). Ukuran font yang ideal untuk membaca online dengan mudah adalah 16px dan tetap maksimal 3 tipografi dalam maksimal 3 ukuran poin untuk menjaga desain Anda tetap ramping. Prinsip-prinsip desain web yang efektif_Serif vs Sans Serif Tipografi